By   January 19, 2018

Bahaya Atau Tidak Kopi Hijau Untuk Maag

Asam di perut sangat kuat dan membantu memecah makanan tertentu untuk pencernaan. Asam ini cukup kuat menyebabkan kerusakan pada dinding sel perut, namun mereka dilindungi oleh lapisan dalam yang menetralisir asam. Jika lapisan itu rusak, asam hadir dengan mudah dapat menyebabkan kerusakan, yang mengakibatkan ulkus.

Penyebab paling umum dari tukak lambung adalah bakteri Helicobacter pylori, yang melemahkan dinding perut. Mengambil obat yang merusak lapisan perut – seperti aspirin, ibuprofen atau naproxen – merupakan penyebab umum tukak lainnya.

Kandungan  Kopi

Kopi memiliki banyak penyusun, namun yang paling terkenal adalah kafein, yang juga diketahui dapat meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, kopi mengandung komponen lain yang meningkatkan produksi asam. Pada tahun 2010, periset di American Chemical Society mengidentifikasi dua zat tersebut: katekol dan N-alkanoly-5-hydroxytryptamides. Kedua zat tersebut merangsang mekanisme sekresi asam lambung pada sel perut manusia. Para periset melaporkan bahwa itu adalah campuran unsur penyusun yang menyebabkan peningkatan produksi asam, tidak hanya satu dari mereka saja.

Efek Berbahaya

Kopi tidak menghasilkan cukup efek untuk benar-benar menyebabkan borok, namun komponen kopi yang meningkatkan produksi asam di perut bisa mengiritasi tukak yang sudah terbentuk. Selain berpotensi menimbulkan rasa sakit, kopi dapat memperlambat proses penyembuhan dan membuat Anda lebih rentan terhadap kerusakan akibat penyebab ulkus asli, menurut University of Maryland Medical Center. Karena kafein bukan satu-satunya komponen kopi yang meningkatkan asam lambung, minum kopi tanpa kafein juga berpotensi membahayakan tukak lambung.

Solusi yang memungkinkan

Tidak semua orang dengan maag akan memiliki masalah minum kopi, tapi hindari kopi apapun, termasuk kopi tanpa kafein, serta minuman lain yang mengandung kafein, sangat dianjurkan. Dalam beberapa kasus, alternatif kopi – seperti akar chicory – yang tidak mengandung kafein atau penghasil asam lainnya dapat membantu mengurangi kecanduan kopi tanpa efek negatifnya. Beberapa teh herbal, seperti licorice, juga bisa berperan sebagai pengganti dan dapat membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh bisul. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum minum pengganti kopi apa saja.

Baca Juga : Obat Maag Dan Walatra Green Coffee yang Baik Untuk Diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *