By   April 14, 2018

CEGUKAN YANG SERING ITU PERTANDA APA INILAH YANG TERJADI

Apa itu cegukan?
Cegukan adalah semburan aktivitas inspirasi (bernapas). Otot yang kita gunakan ketika kita mengambil nafas adalah otot interkostal yang terletak di antara tulang rusuk, dan diafragma – selembar otot di bawah paru-paru.

Kebanyakan kasus cegukan sederhana datang setelah makan atau minum terlalu banyak atau terlalu cepat. Perut, yang terletak tepat di bawah diafragma, menjadi buncit dan mengiritasi. Ini akan menyebabkan diafragma berkontraksi, seperti halnya ketika kita menghirupnya.
Mengapa cegukan terjadi?
Terkadang cegukan akan terjadi karena gangguan pada jalur saraf dari otak ke otot yang terlibat. Ini menjelaskan mengapa cegukan dapat terjadi dengan perubahan suhu atau situasi emosional. Itu juga alasan bahwa kejutan tiba-tiba kadang-kadang bisa menghapuskan serangan.

Cegukan terus-menerus dapat menandakan masalah di otak, sumsum tulang belakang atau salah satu struktur di sekitar diafragma atau dinding dada

Penyebab paling umum dari cegukan jangka panjang adalah kerusakan atau iritasi saraf vagus atau saraf frenikus yang melayani otot diafragma. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerusakan atau iritasi saraf ini meliputi:

Rambut atau sesuatu yang lain di telingamenyentuhgendang telinga.
Tumor, kista atau gondok di leher.
Gastro esophageal reflux.
Sakit tenggorokan atau laringitis.

Gangguan sistem saraf pusat

Tumor atau infeksi pada sistem saraf pusat atau kerusakan sistem saraf pusat sebagai akibat dari trauma dapat mengganggu kontrol normal tubuh terhadap refleks cegukan. Contohnya radang otak, meningitis, multiple sclerosis, stroke, cedera otak traumatis dan tumor.

Gangguan metabolisme dan obat-obatan

Cegukan jangka panjang bisa dipicu oleh kecanduan alkohol, anestesi, obat tidur, diabetes, ketidakseimbangan elektrolit, gagal ginjal, steroid dan obat penenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *