Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag

Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag Akut dan Kronis – Seperti yang telah kami bahas di postingan sebelumnya mengenai manfaat pisang kepok untuk maag, dan untuk kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ciri ciri maag akut dan kronis. Mengobati penyakit maag dari sejak dini merupakan prosedur terbaik dalam mencegah penyakit maag anda menjadi penyakit maag kronis dan mematikan.

Penyakit maag dalam istilah medis di sebut penyakit gastritis atau tukak lambung, dimana penyakit ini bukanlah penyakit sebenarnya, melainkan penyakit maag adalah suatu gejala dari peradangan pada lambung yang disebabkan oleh virus/bakteri Helicobacter pylori yang mengakibatkan luka di lambung. Akan tetapi, ada juga faktor lain yang bisa memicu maag seperti seperti Stres, pola hidup tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur.

Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag

Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag

Demi tetap menjaga kesehatan lambung, wajib anda ketahui beberapa ciri ciri/gejala penyakit maag akut dan kronis seperti :

  • Perut sakit, atau di ulu hati
  • Perasaan mual – Mual serasa ingin muntah
  • Lidah seperti terlapisi lendir tebal dan napas berbau busuk.
  • Sendawa hampir tanpa henti.
  • Perasaan kenyang, padahal perut masih kosong
  • Rasa sakit yang ringan sampai nyeri yang hebat. Anda merasakan nyeri antara ujung bawah tulang dada dan pusar yang disebut daerah epigastrium.
  • Rasa seperti terbakar atau rasa panas yang tidak nyaman. Anda merasakan sensasi panas di daerah epigastrium.

Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag

Sebelum terjadinya maag yang semakin parah sampai ke maag kronis, maag memiliki tahapan yang signifikan terhadap perubahan gejala maag.

  • Maag Ringan memiliki gejala asam lambung berlebih.
  • Maag Sedang memiliki gejala sakit perut dan mual yang menyakitkan.
  • Maag Kronis, memiliki gejala yang lebih dari maag sedang, kemungkinan terjadi adanya peradangan atau adanya luka pada mukosa lambung.
  • Maag Akut, dimana maag yang lebih parah lagi memiliki gejala terdapat adanya borok, infeksi pada lambung, maupun infeksi mikroorganisme merugikan yang di sebut Helycobacter Pylori.
  • Kanker Lambung adalah tahapan akhir dimana kondisi ini sudah sangat parah dan harus segera di tangani medis yang serius.

Baca Juga : Obat Kolesterol

Maag kronis yang di sebut dalam istilah medisnya Syndrom Dispepsia merupakan penyakit maag yang memiliki tingkat keparaha lebih tinggi dari maag biasa, kata beberapa medis mengatakan seseorang yang memiliki maag dan tidak megobati penyakit maagnya maka dia berusaha bunuh diri dengan secara pelan-pelan.

Adapun ciri ciri maag kronis seperti :

  • Mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah
  • Perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut.
  • Napsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, pusing.
  • Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar
  • Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).
  • Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.

Jika anda memiliki gejala seperti di atas, maka anda saat ini sedang menderita penyakit maag akut maupun kronis, oleh sebab itu segeralah periksakan diri anda secepatnya ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut terhadap maag anda.

Jika di biarkan maag anda akan semakin parah dan bisa saja dalam waktu dekat anda akan mengalami Gejala yang lebih serius seperti Maag kronis yang dapat mengancam keselamatan jiwa Anda. KAMI TIDAK MENGHARAPKAN DEMIKIAN.

Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Mencuci tangan sebelum makan dan berolahraga serta menjaga pola makan teratur adalah cara mencegah penyakit maag agar tidak semakin parah.

Namun wajib anda ketahui bahwa kini telah tersedia obat herbal Jelly Gamat QNC (JGE) yang telah terbukti ampuh mengobati berbagai penyakit maag, akut dan kronis secara alami dan aman tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh anda,

Mengapa kami rekomendasikan obat Jelly Gamat QNC (JGE) ? JGE dibuat menggunakan bahan 100 % herbal seperti : Ekstrak teripang emas, pemanis dari daun stevia, Air RO (air murni), Pengemulsi nabati, Ekstrak buah dan sayuran pilihan rekomendasi para ahli bukan lagi dokter.

Sehingga JGE ini menjadi obat herbal yang sangat dipercaya bisa mengatasi penyakit maag akut dan kronis, secara alami pastinya sangat aman dan tanpa efek samping dan sudah terbukti kasiatnya.

Promosi Kemerdekaan “Bisa Kirim Barang Dulu Untuk Daerah Provinsi Jawa Barat”

Promo Hari Ini “Dapatkan 4 botol QNC (JGE) dengan harga Rp.600.000 saja, jauh lebih hemat dibanding beli 1-3 botol dengan harga yang sama Rp.155.000 / botolnya.”

Informasi Produk

Nama Produk Jelly Gamat  QNC (Kode Produk JGE)
Komposisi Ekstrak teripang emas, pemanis dari daun stevia, Air RO (air murni), Pengemulsi nabati, Ekstrak buah dan sayuran
Ukuran perbotol 300 ml
Anjuran Konsumsi 2 sendok pagi dan sore
Legalitas DEPKES P-IRT No 109321601291-1229 & MUI  (Majelis Ulama Indonesia)
Diproduksi_oleh : PT. Bijaksana Maju Utama
Baik_Dikonsumsi_oleh Semua orang

Keunggulan obat herbal Jelly Gamat QNC dengan obat warung, apotek dan obat dari dokter

  • Mengobati penyakit asam lambung tinggi, maag akut dan kronis
  • Sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
  • Terbukti khasiatnya
  • Mengobati tidak setengah-setengah
  • Tidak hanya mengatasi sesaat namun untuk mengobati secara permanen
  • Berbahan alami tanpa bahan kimia
  • Aman bagi anak-anak, remaja, dewasa dan lansia
  • Dapat memperkuat fungsi limpa dan lambung
  • Dapat meningkatkan sekresi cairan lambung
  • Dapat meningkatkan aktivitas pepsin lambung
  • Dapat membantu memperbaiki kram otot
  • Dapat meningkatkan fungsi kerja pencernaan
  • Dapat meningkatkan kemampuan otot polos usus yang buruk menjadi normal.

Daftar potongan harga Jelly Gamat QnC – Pesan Lebih Banyak HEMAT ONGKOS KIRIM !

Pembelian Harga Asli Diskon Harga Setelah Diskon
1 botol Rp 155.000 Tidak ada Tidak ada
2 botol Rp 310.000 Tidak ada Tidak ada
3 botol Rp 465.000 Tidak ada Tidak ada
4 botol Rp 620.000 Rp 20.000 Rp 600.000
5 botol Rp 775.000 Rp 25.000 Rp 750.000
6 botol Rp 930.000 Rp 30.000 Rp 900.000
7 botol Rp 1.085.000 Rp 35.000 Rp 1.050.000
8 botol Rp 1.240.000 Rp 40.000 Rp 1.200.000
9 botol Rp 1.395.000 Rp 63.000 Rp 1.332.000
10 botol Rp 1.550.000 Rp 100.000 Rp 1.450.000
20 botol Rp 3.100.000 Rp 200.000 Rp 2.900.000

Jadi tunggu apa lagi ?? Buruan pesan sekarang juga dan rasakan khasiat setelah mengkonsumsi Jelly Gamat QnC. BARANG SAMPAI BARU TRANSFER PEMBAYARANNYA.

Dapatkan Harga Lebih Murah Dengan Pembelian 4 Botol Jelly Gamat QNC (JGE) dengan harga 600.000

Cara Pemesanan Bisa Dilihat Di Bawah Artikel Ini


Testimoni Jelly Gamat QNC (JGE)


Karena itulah kami merekomendasikan obat Gastric Health Tablet ini agar penyakit maag anda bisa sembuh dan tidak kambuh lagi.
Buruan pesan sekarang juga, stok sangat terbatas karena produk ini merupakan produk paling laris karena khasiatnya sangat baik dalam mengobati maag akut dan kronis
Tunggu apa lagi ?? Menunggu penyakit maag anda menjadi Kronis dan Menyebabkan Kematian Secara Perlahan ? KAMI TIDAK MENGHARAPKANNYA DEMIKIAN.
Atasi Dan Tangani Maag Anda Sebelum Terlambat Hari Ini Juga. Untuk pemesanan anda bisa lihat di bawah ini :

Cara Pemesanan Jelly Gamat QnC

KETIK : JGE : Jumlah Pesanan : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : No Hp anda

CONTOH : JGE # 3 Botol : Fathan Adrian Pradipta : Jl. Kebahagiaan, Kec. Sukasenang, Kota Tasikmalaya : 089.602.xxxx

Kirim Ke SMS/WA 082210005737 atau melalui PIN: D75BF4CF

Demikian untuk artikel kami kali ini, semoga dapat bermanfaat dalam menjaga dan mengobati maag anda sebelum maag anda menjadi semakin parah dan menyebabkan kematiann.

Baca juga Apakah maag kronis dapat menyebabkan kematian

Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag

Comments (62)

  1. Irene Dacosta

    ya maah kalau perut terasa kenyang tapi mual pusing berat lemas apa juga termasuk maah dan juga saya penderita diabetes asma kandang droop dgn gula 79 trimssarandan masukan

    Reply
    1. admin (Post author)

      itu termasuk maag juga sih mba jika dilihat dari ciri-cirinya, obati saja mba maag dan penyakit gulanya dengna Jelly Gamat QNC mba

      Reply
  2. endi

    sy jg pnya maag sdh bertahun2 ga bs makan pedas kecut coklat keju dll…susah bgt dahh pokokya apa2 ga boleh

    Reply
    1. admin (Post author)

      oleh karena itu segera obati dan tangani penyakit maag anda dengan Gastric Health Tablet (GSE). Info klik di Obat Maaag Terbaik

      Reply
  3. diana dt

    Kalau perut atas terasa sangat sakit.tapi tdk mual apakh itu jugatermasuk maag?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Bisa juga itu termasuk uluhati mba 🙂

      Reply
  4. Citra

    Sya menderita sakit mahmpir 3blan yg saya tanyakn knpa klw nafas panjang kaya g nyampe terus dada kadang2 terasa sakit apa sakit yg saya derita n sya dh cek darah ginjal hepatitis liver semua bagus n dh rekam jantung jg hasilnya bagus sebenarnya saya sakit apa

    Reply
    1. admin (Post author)

      Jika sudah diperiksakan dan hasilnya bagus kemungkinan gejala yang mba rasakan bisa saja terjadi diakibatkan maag.

      Reply
  5. nila sidzy

    maaf bu saya mau tanya, saya mual dan mutah terus menerus pagi bangun tidur , dan perut saya berasa penuh bgt

    Reply
    1. admin (Post author)

      itu termasuk penyakit maag mba, atasi dan tangani penyakit maag anda sebelum menjadi penyakit maag kronis.

      Reply
  6. Salsabiltiara

    Kalau sakit perut bagaikan tertusuk – tusuk ,dan sakit perut nya mulai dari pusar sampai ke hulu hati , sampai tidak sangggup jalan juga , apakah itu termasuk maag kronis ?

    Reply
    1. admin (Post author)

      jika dilihat tingkat keparahannya sa,pai tidak bisa berjalan sebaiknya cepat obati mba, dikhawatirkan maag anda menjadi maag kronis.

      Reply
  7. Achong

    Bu saya mau tanya kenapa ya saya selelalu mual kadang tiba” meriang..
    Apakah itu penyakit maag ..

    Reply
    1. admin (Post author)

      Untuk mual da meriang memang banyak penyebabnya, namun untuk mual karena maag kami merekomendasikan obat herbal Gastric Health Tablet

      Reply
  8. Meidy

    Kalau maag kambuh dan sudah 5 hari tidak kunjung membaik apa itu wajar? Karna sblmnya kalau kambuh paling lama 2 hari. Sangat mengganggu tidak bisa melakukan aktivitas karna selalu mual dan pusing, tidak bisa makan karna kalau diisi malah bikin semakin mual

    Reply
    1. admin (Post author)

      Tentu tidak wajar mba harus segera di atasi dan di tangani segera karena penyakit maag itu akan lebih parah jika tidak di obati dan tidak menjaga oila makan membuat maag mba kambuh kembali.

      Reply
  9. Alif anggun

    Mb sy mau nanya untuk saat ini keluhan sy kringet dingin,mual,nafas bau,gemetaran,lidah terasa pahit,klo dibawa duduk terasa mau pingsan.enaknya hanya tdr miring kiri aja apa itu maag y mb??klo iya solusinya bagaimna?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Untuk gejalanya mba memang banyak penyebabnya bisa aja di sebabkan oleh penyakit jantung, oleh karena itu lebih baik periksakan saja mba untuk gejalanya kedokter atau rumah sakit terdekat, dikhawatirkan sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi.

      Reply
  10. Santi riris novia

    Saya sering banget sakit perut diatas puser seperti di tusuk tusuk kadang juga perih dan kadang sakit banget trus kadang sakitnya di bawah susu kerongkongan sana itu terasa sakit seperti ditusuk juga kadang juga sakitnya pas didada apa itu yermasuk maag apa lebih kelambung ya .. makasih

    Reply
    1. admin (Post author)

      Itu gejala maag mba, dan untuk mengatasinya kami rekomendasikan obat herbal gastric health tablet (GSE).

      Reply
      1. Santi riris novia

        Tapi bukan màag kronis kan dok ..

        Reply
  11. Putri Korompis

    Kalau terasa sakit di bagian kiri bawah sampe ke uluh hati mau napas panjang susah trus ngga lancar pencernaan juga perut terasa kembung dan bunyi’ itu gejala maag juga?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Bisa saja mba 🙂

      Reply
  12. Agnes

    Pgi dok sya ingin bertnya saya sakit mag sya klo sudh mkan 1,3 jm muntah dok trs dada skit dan jalan 15 menit pusng mual keringet dingin klo gk lgsng dbwa dudk

    Reply
  13. sari

    Siang dok ,,aku nanya penyebab apa ini ,,aku tdi ya skitar jam 8 makan bubur ters jam11 makan nasi ko jam 12 lewat.udah.laper lagi ? Terus low udah terasa lapernya perih sama laper low diisi paling sedikit udah.kenyang lagi kenapa ya

    Reply
    1. admin (Post author)

      seperti yang kami bahas pada ciri ciri penyakit maag mengenai sering lapar, itu termasuk salah satu gejala penyakit maag, atasi dan tangani sebelum penyakitmaag yang anda rasakan menjadi semakin parah lagi.

      Reply
  14. vhe

    maaf bu, magh saya pernah kumat. dan kumat nya itu beda dari sebelumnyya.
    saya mutah kurang lebih 10x dalam setengah hari disertai pusing pening, badan semutan.
    jika seperti itu dikategorikan magh ap ya ?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Jika ditandai dengan bab dengan warna kemerah darahan atau berwarna coklat tua itu tandanya penyakit mba sudah mulai kronis. Oleh karena itu segera lakukan pengobatan sebelum menjadi lebih parah lagi mba 🙂

      Reply
  15. Bambang

    Bila perut terasa panas dan dada terasa sesak dan seperti tertusuk tusuk jarum dan kepala pusing itu termasuk jenis magg apa???

    Reply
    1. admin (Post author)

      Untuk gejala seperti yang mas rasakan itu termasuk pada gejala penyakit Maag akut mas, atasi dan tangani sebelum menjadi penyakit kronis.

      Reply
  16. Sunars

    Apakah maaq bisa menurunkan berat badan dan vitalitas sex menjadi menurun?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Tentu bisa karena nutrisi dari makanan tidak di serap dengan baik oleh lambung yang mengalami peradangan (penyakit maag).

      Reply
  17. Lenna himura

    Terakhir saya mengalami sakit maag parah sekitar 5 tahun lalu,dokter bilang lapusan luar lambung saya sudah terkikis habis,saat ini jika saya sedang kambuh sakit maag saya…rasa nya perut bengkak,begah,tapu tidak terasa sakit seperti di sayat pada bagian uluh hati penangan bgaimna untuk meredakan sakitnya sementara sebelum saya periksa ke dokter

    Reply
    1. admin (Post author)

      untuk keluhan seperti mba Lenna rasakan saat ini bisa ditangani dengan obat herbal Gastric Healt Tablet yang telah terbukt khasiatnya mengatasi penyakit maag akut dan kronis 🙂

      Reply
  18. rudi

    Bu.. perut ku di bawah pusar terasa ada anginya apa itu gejala maag?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Bisa jadi mas, karena lambung dengan penyakit maag dapat memproduksi gas berlebih.

      Reply
  19. alma

    Bpk sya didiagnosa dokter sakit lambung sering cegukan terus menerus apalagi stelah minum cegukan smakin cepat..dada terasa sempit..sudah dirwat dirmh sakit tp blum smbuh
    Bgaimna solusinya??apakah termasuk sakit maag kronis

    Reply
    1. admin (Post author)

      untuk mengeni penyakitnya kami tidak bisa mendiagnosa secara pasti, namun alang kah baiknya jika mas memiliki penyakit maag, kami merekomendasikan obat herbal Gastric Health Tablet (GSE) yang telah terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit lambung (Obat maag akut dan kroni)

      Reply
  20. shahsa

    Kalau perut rasa ditusuk tusuk dan sampai ke dada apa itu magh juga?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Jika disertai mual muntah dan perut kembung, bisa saja saat ini mba memiliki penyakit maag 🙂

      Reply
  21. imam

    Kalau maag itu mngkibatkan tipes atw tipes yv mngakibatkan maag..??

    Reply
    1. imam

      Sya hbs didiagnosa tipes..virus tipesny udh smbuh tp saya msh ngerasain kdg ngeri n sesak dperut agk ats kiri n dsertai insomnia itu gmn y??

      Reply
      1. admin (Post author)

        untuk mengobati gejala yang mas rasakan, kami sarankan mas diperiksakan saja dahulu kedokter atau rumah sakit terdekat, agar pengobatan bisa sesuai dan bisa cepat diatasi 🙂

        Reply
    2. admin (Post author)

      Untuk maag dan tipes kami rekomendasikan Jelly Gamat QNC saja mas 🙂
      Untuk informasinya bisa anda klik di http://www.spesialisobatherbal.com/harga-jelly-gamat-qnc-terbaru/

      Reply
  22. yeti pujiawati

    perut bagian bawah suka sakit, terus kadang kencing sakit juga tqpi kadang-kadang saja. Sering sendawa, kembung itu kenapa yah?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Jika dilihat dari gejala dan ciri cirinya, besar kemungkinan mba menderita penyakit maag, (asam lambung tinggi. Untuk mengatasinya mba bisa kunjungi di http://www.obatmaagterbaik.com/

      Reply
  23. melidiya

    Saya mau tanya, kadang2 setelah makan perut saya terasa sakit seperti rasa sakit maag…padahal saya sudah makan tepat waktu

    Reply
    1. admin (Post author)

      kemungkinan itu gejala awal penyakit maag,denga merubah pola makan yang sehat kemungkinan besar penyakit maag tidak akan kambuh kembali 🙂

      Reply
  24. Deasy

    Td pagi2 sy sdh BAB lbh dr 8kali disertai mencret dipaksain mkan malah muntah..apakah ini termasuk maag? Yg juga disertai gejala pusing, mau pingsan dan kram perut..trima kasih

    Reply
    1. admin (Post author)

      Jika dilihat dari ciri cirinya kemungkinan mba mengalami penyakit maag, namun kami tidak bisa menentukan kepastian secara langsung tanpa pemeriksaan terlebih dahulu, alangkah baiknya mba periksakan saja gejalanya kedokter terdekat agar penyakit mba bisa diatasi dengan benar.
      Ada pun cara yang sangat tepat mengatasi gejala yang disebabkan oleh penyakit maag bisa diatasi dengna gastric healt tablet (GSE).
      Info lengkapnya bisa mba klik di http://www.obatmaagterbaik.com/

      Reply
  25. dzakiroblo pandean

    Saya sering mengalami sakit perut ..stelah mkan rasanya perih tidak nyaman.. padahal belum mkan rasanya kenyang.. rasanya kembung sering mual.
    mknan kecut.pahit.pedas lngsung terasa sakitnya.. termasuk maag apa..??

    Reply
    1. admin (Post author)

      Untuk gejala yang saat ini anda rasakan, kemungkinan masih menderita penyakit maag akut dan perlu pengobatan yang benar benar terbukti khasiatnya agar penyakit maag-nya tidak menjadi kronis.

      Reply
  26. Handoko

    Orang tua saya memiliki penyakit lambung, sudah beberapa kali keluar masuk RS tp sampai saat ini masih sering kambuh dok… Apakahada obat yang bisa menyembuhkan penyakitnya dok?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Tentu ada mba, untuk mengobati penyakit akut dan kronis kami merekomendasikan obat maag yang sudah terbukti kahasiatnya mengatasi maag akut dan kronis yaitu Gastrik healt tablet (GSE)

      Untuk info lebih lengkapnya bisa kunjungi di http://www.obatmaagterbaik.com/

      Reply
  27. Irma

    Dok suami sya kena penyakit magh udah 1 tahun,yg dia rasakan setiap hari mual,dada sesak,kalau sendawa sakit,keringat dingin,padahal udh minum obat dri dokter makan teratur tpi gk ada perubahan

    Reply
    1. admin (Post author)

      Mba bisa coba produk kami Gastric Health Tablet (GSE) yang telah terbukti mampu mengobati penyakit akaut dan kronis ( sudah banyak testimoni yang sudah merasakan keajaiban obat herbal ini)

      Reply
  28. Serly

    Saya penderita maag sejak tahun 2006 hingga skrg. Klo kambuh kadang klo gerak pun terasa sakit. Apakah sdh termasuk maag kronis?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Untuk parah tidanya kami tidak bisa menentukan tanpa pemeriksaan secara langsung, namun alangkah baiknya atasi dan tangani dengan Obat Gastric Health tablet (GSE) yang telah terbukti khasiatnya 🙂

      Reply
  29. Dea

    Mba, sya klo sdh makan biasa perut terasa panas ditambah sma sesak biasa. Itu maag juga ya mba?, maag jnis apa?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Mohon maaf mba, sebenarnya kami mamang tidak bisa menentukan penyakit tanpa pemesiksaan secara langsung namun jika dilihat dari ciri-cirinya mba memiliki gejala maag akut 🙂

      untuk mengatasinya bisa mba lihat di websitenya

      Reply
  30. Erni Wijayanti

    Kak, mau tanya nih. Saya memang punya maag. Maag saya sering kambuh, dan mengganggu aktivitas saya. Saya setiap 2jam lapar, bahakan merasakan perih, panas, dan nyeri di ulu hati.bahkan kalo saya gk makan saya bisa mual, muntah, mulut saya asam rasanya. Kira2 maag saya ini sudah tergolong parah kah?

    Reply
    1. admin (Post author)

      Mohon maaf sebelumnya untuk mendiagnosa suatu penyakit, alangkah baiknya periksakan ke dokter atau rumah sakit terdekat.

      Namun mba tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia obat herbal untuk maag akut dan kronis yaitu jelly Gamat QNC (JGE).

      Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *