By   October 20, 2017

Penyebab Maag Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Hi dr saya ai. saya emang punya riwayat penyakit maag dan sekarang saya sedang hamil jalan 3 bulan tapi perut saya selalu pedih dan ulu hati nya terasa panas. Dari bangun sampai saya tidur lagi mual2 dan muntah slalu menghampiri saya. Pertanyaan saya dok apa penyebab maag saat hamil selain riwayat penyakit maag dan mengapa kondisi seperti ini berbahaya untuk saya dan janin. Dan apa yang harus saya lakukan dok?? Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Baca Juga : Apa Ibu Hamil Boleh Minum Obat Maag

Salam, Gejala yang mba ai rasakan memang hal tersebut sangat lumrah dan biasa terjadi pada penderita ibu hamil muda, hal ini diperberat dengan riwayat penyakit maag, pada kehamilan trimester pertama, calon ibu cenderung tidak nafsu makan, karena mual dan muntah akibat pengaruh hormon chorionic gonadotropin, juga hormon progesterone yang meningkatkan asam lambung dan membuat malas makan. Akibatnya, perut sering kosong, padahal produksi asam lambung terus berlangsung. Apalagi biasanya calon ibu juga keranjingan rujak dan asinan yang super pedas dan asam. Sehingga makin menjadi produksi asam lambungnya.

  • Hal yang perlu Anda lakukan yaitu menjaga pola makan sehat, hindari dari makanan-makanan yang bersifat pedas asam dan berlemak, agar maagnya tidak kambuh sebab mengkonsumsi makanan pedas, asam serta berlemak dapat memicu naiknya produksi asam lambung saat hamil.
  • Menghindari kafein, coklat dan peppermint. Kelompok makanan ini menyebabkan penurunan tekanan sfingter esofagus bagian bawah. (Untuk saran diet lebih lanjut untuk membantu meringankanAsam Lambungs klik di sini .)
  • Makan sering, makanan kecil. Mengonsumsi makanan lebih sedikit akan membuat perut lebih cepat. Makan lebih sering meningkatkan kontraksi perut. Jika perut berkontraksi dan kosong ini akan menurunkan kejadian Asam Lambung.
  • Ketinggian kepala tempat tidur. Gravitasi memainkan peran penting dalam mengendalikan Asam Lambung Bila seseorang telentang, isi perut lebih cenderung mengalami Asam Lambung tidur rata di punggung mereka, pasien yang mengangkat kepala lebih tinggi dibanding perut akan mencegah teradinya peningkatan asam lambung ke krongkongan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil

Baca Juga : Apa Ibu Hamil Boleh Minum Obat Maag

Nah itulah penyebab naiknya asam lambung pada saat hamil muda yang wajib anda ketahui. Penyakit asam lambung memeng jika dibiarkan akan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin seperti pada kasus terjadinya komplikasi.

Resiko yang bisa ditimbulkan pada janin:

  • Keguguran
  • Pertumbuhan janin terganggu
  • Kecacatan pada janin
  • Bayi meninggal jika infeksinya cukup parah.

Oleh karena itu untuk mengobati penyakit maag pada ibu hamil yang baik dan benar tanpa efek samping bagi ibu dan janin bisa anda klik di Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Hamil  Yang Aman Bagi Ibu Hamil Dan Janin.

Posted By : Obat Maag

Penyebab Maag Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *