By   November 2, 2017

Inilah Penyebab Gastroparesis Pada Lambung

Gastroparesis adalah suatu kondisi dimana otot-otot di perut tidak berfungsi secara normal. Biasanya, kontraksi otot yang kuat mendorong makanan melalui saluran pencernaan. Ketika terjadi gastroparesis, otot-otot dinding perut bekerja buruk atau tidak bekerja sama sekali.

Gastroparesis dapat menjadi menyulitkan penderita diabetes karena kadar glukosa darah meningkat ketika makanan akhirnya memasuki usus kecil. Kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terjadinya pertumbuhan bakteri yang berlebih dan juga bezoar, atau massa padat makanan yang belum tercerna yang berpotensi menghambat usus halus.

Penyebab Gastroparesis

Gastroparesis biasanya merupakan akibat dari kerusakan saraf vagus. Saraf vagus yang rusak tidak bisa memberikan sinyal kepada otot lambung untuk berkontraksi dan mendorong makanan ke dalam usus kecil sehingga makanan akan berada di lambung lebih lama daripada yang seharusnya dibutuhkan.

Kerusakan pada saraf vagus dapat disebabkan oleh diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang tidak terkontrol dengan baik, penyakit sistem saraf seperti [multiple sclerosis], kelumpuhan, dan operasi lambung atau esofagus seperti operasi bariatrik dan gastrektomi.

Namun, dalam banyak kasus, penyebab gastroparesis tidaklah diketahui (gastroparesis idiopatik).

Pencegahan Gastroparesis

Pencegahan gastroparesis masih dalam peninjauan medis, belum ada kesimpulan yang dapat dijadikan acuan untuk mencegah penyakit ini, tapi dilihat dari penyebabnya, pencegahan dapat Anda dapat lakukan dengan cara:

Olahraga ringan seperti jalan kaki atau melakukan streching dirumah minimal 4 kali sepekan masing-masing selama 30 menit agar syaraf vagus berfungsi kembali.
Tidak ada salahnya Anda mulai beralih ke pengobatan herbal dan berhenti mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang dapat menimbulkan bahaya dalam jangka panjang.

Cara Mengobati Yang Benar Bisa Anda Klik Di Sini : Obat Gastroparesis

Obat Maag

Inilah Penyebab Gastroparesis Pada Lambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *