By   April 13, 2018

Maag Kambuh Akibat Banyak Pikiran Apakah Bisa

Maag Kambuh Akibat Banyak Pikiran – Penyakit Maag, yang juga dikenal sebagai tukak lambung, adalah luka yang menyakitkan di lapisan lambung. Tukak lambung adalah sejenis penyakit ulkus peptikum. Tukak peptikum adalah setiap bisul yang mempengaruhi lambung dan usus kecil pada tubuh adanya peradangan, infeksi, borok dll.

Tukak lambung terjadi ketika lapisan lendir tebal yang melindungi perut Anda dari cairan pencernaan berkurang. Ini memungkinkan asam-asam pencernaan untuk menggerogoti jaringan-jaringan yang melapisi perut, menyebabkan suatu bisul.

Tukak lambung bisa disembuhkan dengan mudah, tetapi bisa menjadi parah tanpa perawatan yang tepat.
Penyebab
Apa yang menyebabkan sakit maag?

Ulkus perut hampir selalu disebabkan oleh salah satu dari berikut:

infeksi dengan bakteri Helicobacter pylori ( H. pylori )
penggunaan jangka panjang obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin , ibuprofen , atau naproxen

Jarang, kondisi yang dikenal sebagai sindrom Zollinger-Ellison dapat menyebabkan lambung dan usus borok dengan meningkatkan produksi asam tubuh. Sindrom ini diduga menyebabkan kurang dari 1 persen dari semua tukak lambung.

Maag Kambuh Akibat Banyak Pikiran Apakah Bisa

Lalu Maag Kambuh Akibat Banyak Pikiran Apakah Bisa Terjadi ?

Banyak pikiran dapat menyebabkan stres.

Penyebab Sakit Maag yang Tak Disadari Oleh dr. Ahmad Muhlisin Beberapa waktu yang lalu, ada seorang pasien yang mengeluhkan rasa sakit pada uluhati. Hal ini sering dia rasakan apabila lagi banyak pikiran atau stress, dan ia pun bertanya, apakah stress bisa menyebabkan maag? Pastinya, tidak hanya satu orang saja yang mengalami keluhan seperti di atas, melainkan banyak sekali orang-orang yang memang memiliki sakit maag akan lebih buruk ketika mengalami stress, atau bahkan faktor penyebab maag yang utama bagi mereka adalah faktor stress itu sendiri.
Stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ia dapat mempengaruhi asam lambung. Jadi stress menjadi penyebab sakit maag atau kekambuhan karena stress dapat meningkatkan produksi asam lambung. Di samping itu, para ahli menemukan bahwa stress dapat merangsang area tertentu pada otak yang meningkatkan sensitifitas terhadap nyeri, termasuk nyeri uluhati. Jadi meskipun asam lambung tidak begitu meingkat, namun bagi orang yang lagi stress itu akan lebih terasa sakit.

Maag Kambuh Akibat Banyak Pikiran Apakah Bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *