By   November 8, 2017

Manafaat Kacang Almond Untuk Maag – Sakit maag, juga disebut ulkus peptikum, merupakan luka terbuka di lapisan kerongkongan, perut atau usus kecil Anda. Menurut MayoClinic.com, bisul disebabkan oleh bakteri yang disebut H. pylori, namun obat antiinflamasi non steroid, merokok, konsumsi alkohol berlebih, makanan dan stres tertentu dapat memperburuk ulkus Anda. Gejala umum meliputi gangguan pencernaan, sakit perut, muntah, bersendawa, penurunan berat badan dan mulas. Pengobatan umumnya terdiri dari pengobatan, diet sehat dan perubahan gaya hidup, seperti menghindari makanan pemicu, alkohol, merokok dan obat antiinflamasi non steroid. Makanan tertentu bisa meringankan gejala maag Anda dan mempercepat proses penyembuhan.

Kacang almond

Perlakukan maag perut Anda dengan mengemil segenggam kacang almond. Almond kaya akan vitamin B, protein dan kalsium, nutrisi yang bisa mengurangi gejala maag dan membantu dalam proses penyembuhan. Makanan lain yang mengandung vitamin B termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, bayam dan kangkung. Hindari makanan yang Anda rasa tidak dapat Anda toleran.

yogurt

Anda bisa mengobati maag perut Anda dengan mengonsumsi yoghurt. Yogurt mengandung bakteri lactobacillus acidophilus, probiotik atau “ramah” yang membantu menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan berbahaya seperti H. pylori dalam sistem pencernaan Anda. Probiotik dapat menekan infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori dan mengurangi efek samping antibiotik yang dapat terjadi selama pengobatan maag. Makanan lain yang mengandung probiotik termasuk miso, tempe dan makanan berbasis kedelai.

Minyak zaitun

Memasak dengan minyak zaitun extra virgin bisa membantu mengobati sakit maag Anda. Menurut situs Science Daily, minyak zaitun extra virgin mengandung fenol, senyawa yang tinggal di perut Anda untuk waktu yang lama. Senyawa ini dapat bertindak sebagai agen anti-bakteri yang mencegah bakteri H. pylori menyebarkan dan menginfeksi lapisan perut Anda, namun diperlukan lebih banyak penelitian sebelum menentukan hubungan yang tepat antara minyak zaitun dan bakteri H. pylori.

Cranberry

Makanan yang bisa membantu mengobati sakit maag adalah cranberry. Cranberi kaya akan flavonoid, nutrisi yang bisa mengurangi pertumbuhan H. pylori, bakteri yang bertanggung jawab untuk bisul dan mempercepat penyembuhan. Makanan lain yang mengandung flavonoid termasuk seledri, jus cranberry, bawang merah, bawang putih dan teh hijau. Hindari makanan yang menyebabkan ketidaknyamanan perut.

air

Anda bisa mengobati sakit maag Anda dengan minum 48 oz. sampai 64 oz. dari air yang disaring per hari, menurut MayoClinic.com. Air mengurangi gejala maag Anda dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuang kotoran.

Blueberry

Perlakukan tukak lambung Anda dengan menambahkan beberapa blueberry segar ke sereal pagi Anda. Blueberry mengandung antioksidan, nutrisi yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, membantu tubuh Anda melawan virus dan penyakit, mengurangi gejala maag dan mempercepat penyembuhan. Makanan lain yang kaya akan antioksidan meliputi ceri, squash dan paprika. Jika salah satu makanan ini menyebabkan Anda sakit perut, hindari mereka.

Makanan Berbasis Serat

Diet kaya serat berbasis makanan dapat membantu menyembuhkan maag perut Anda. Serat dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko Anda terkena ulkus di masa depan. Makanan yang mengandung serat dalam jumlah sehat meliputi raspberry, apel, pir, stroberi, artichoke, kacang polong, kacang kering yang dimasak, lobak hijau, jelai, gandum utuh dan beras merah. Jika Anda mengalami sakit perut setelah makan salah satu makanan ini, hentikan mereka.

Baca Juga : Obat Maag Terbaik

Manafaat Kacang Almond Untuk Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *