By   September 18, 2017

Selama ratusan tahun, bawang putih telah terkenal karena kegunaannya dalam mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari impotensi hingga sakit perut. Namun penelitian terbaru menemukan bahwa bawang putih memiliki manfaat kesehatan yang lebih serius untuk pencegahan jantung dan kanker daripada yang bisa diprediksi masyarakat.

Manfaat Bawang Lanang (Putih Tunggal) Untuk Maag – Bawang putih mengandung dua senyawa utama, asam amino belerang kaya yang disebut allicin dan enzim berbasis protein yang disebut allinase. Cengkeh tidak berbau sampai Anda mengiris atau menghancurkannya, membiarkan senyawa tersebut mencampur dan membentuk senyawa ketiga, yang disebut allicin.

Allicin adalah senyawa volatil yang bertahan hanya beberapa jam. Ini adalah antibiotik alami yang hebat – sekitar seperlima puluh sama kuatnya dengan penisilin – dan juga memiliki khasiat anti jamur dan anti-virus.

obat maag

Allicin hanya ada dalam bawang putih mentah. Memasak membunuh dan menyebabkannya membusuk menjadi senyawa lain yang kurang efektif.

Bawang putih juga mengandung sekitar sepuluh jenis gula alami, termasuk fruktosa, glukosa dan insulin, serta tingkat mineral mineral tembaga, besi, seng, timah, kalsium, mangan, aluminium, germanium dan selenium yang relatif tinggi. Tingkat selenium pada bawang putih lebih tinggi daripada di hampir tanaman lainnya.

Bawang putih bekerja di dalam tubuh dengan mempromosikan kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi, dan dengan merangsang sel kekebalan lainnya yang melawan infeksi virus dan bakteri penyebab maag, bahkan kanker.

Manfaat Bawang Lanang (Putih Tunggal) Untuk Maag

Pencernaan

Allicin mempromosikan sekresi cairan lambung dengan merangsang selaput lendir perut. Ini juga menggabungkan dengan protein alami lambung, mengurangi aktivitas berlebihan yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain itu, allicin mengatur fungsi perut dengan mengaktifkan usus besar, sehingga membantu mencegah konstipasi dan diare.

Kolesterol

Banyaknya penelitian medis mengkonfirmasi bahwa bawang putih dalam beberapa bentuk dapat mengurangi kolesterol. Dalam studi terbaru, dengan menggunakan pil bawang putih dan plasebo, periset di Universitas Oxford mencatat penurunan 12 persen pada total kolesterol.

Penyakit arteri koroner disebabkan oleh pembentukan plak di dalam sistem arteri. Studi telah menemukan bahwa bawang putih nampaknya menghambat pertumbuhan baru plak.

Kehamilan

Penelitian dari ginekolog di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster di London menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih selama kehamilan dapat mengurangi risiko preeklampsia, suatu kondisi yang berpotensi berbahaya yang mempengaruhi satu dari sepuluh wanita hamil dan menyebabkan tekanan darah dan protein meningkat dalam urin.

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bawang putih dapat membantu meningkatkan berat lahir bayi yang ditakdirkan terlalu kecil.

Periset menemukan bahwa mengkonsumsi tablet bawang putih standar selama kehamilan dapat mengurangi kemungkinan jenis komplikasi ini saat lahir.

Mereka menemukan bahwa menambahkan ekstrak bawang putih ke sel plasenta pada wanita yang cenderung mengalami kondisi ini mendorong pertumbuhan.

Selain itu, aktivitas enzim kunci yang berkurang pada kehamilan abnormal dimana kondisi ini dapat terjadi meningkat secara signifikan ketika bawang putih ditambahkan.

Antiseptik

Bawang putih adalah satu-satunya antibiotik yang benar-benar dapat membunuh bakteri yang menginfeksi dan, pada saat bersamaan, melindungi tubuh dari racun yang menyebabkan infeksi. Dalam penelitian, bawang putih telah ditemukan hampir sama efektifnya dengan penisilin, sementara penelitian terbaru menunjukkan aktivitas serupa pada antibiotik yang lebih modern yang disebut kloramfenikol, yang digunakan untuk demam tifoid dan juga konjungtivitis.

Bahkan darah orang yang makan bawang putih bisa membunuh bakteri, dan juga dilaporkan bahwa uap dari bawang putih baru bisa membunuh bakteri dari jarak 20cm.

Dulu, bawang putih biasa digunakan untuk mengobati tuberkulosis, karena organisme penyerang, mycobacterium tuberculosis, sensitif terhadap beberapa komponen belerang yang ditemukan pada bawang putih.

Ketidakmampuan (Kemandulan)

Selama berabad-abad, bawang putih telah digunakan oleh penyembuh holistik sebagai afrodisiak karena diperkirakan meningkatkan suplai darah ke alat kelamin.

Namun, penelitian yang lebih baru telah menemukan bahwa enzim yang disebut nitric oxide synthase terutama bertanggung jawab atas mekanisme ereksi. Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa bawang putih dapat merangsang produksi nitrat oksida sintase.

Kanker

Tbere adalah kekayaan informasi yang dipublikasikan mengenai peran bawang putih dalam mencegah kanker. Sebagian besar penelitian saat ini berpusat pada pembentukan senyawa tertentu, setelah allicin, paling aktif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Beberapa penelitian terbaru dari AS membuktikan bahwa dengan menyuntikkan dislide diallyl – terbentuk saat bawang putih mentah dipotong atau dihancurkan – ke dalam aliran darah, tumor dapat dikurangi hingga setengahnya.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa senyawa lain dalam bawang putih, yang disebut S-Allylcysteine, efektif dalam mencegah agen penyebab kanker mengikat sel-sel payudara manusia.

Penelitian lain menemukan bahwa peningkatan asupan bawang putih mengurangi kadar nitrit dalam tubuh dan mengakibatkan lebih sedikit kematian akibat kanker perut. Juga diketahui bahwa bawang putih dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang sangat penting untuk melawan kanker.

Tukak Lambung

Studi medis modern telah menemukan bahwa banyak penyakit – tukak lambung, kolitis ulserativa, penyakit arteri koroner, sarkoma Kaposi dan kanker serviks untuk beberapa nama – dipicu oleh proses infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Bawang putih dapat membantu dalam mengobati atau mencegah beberapa kondisi ini.

Penemuan baru-baru ini oleh ilmuwan Australia menunjukkan bahwa sakit maag disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori, atau disumbangkan olehnya, dan bawang putih tersebut dapat meringankan bisul karena membunuh bakteri jenis ini.

Penelitian lain menemukan bahwa kondisi seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa juga merupakan penyakit inflamasi yang disebabkan oleh atau disumbangkan oleh bakteri mycobacterium paratuberculosis, yang dapat terbunuh lagi dengan memakan bawang putih mentah.

Pembekuan darah

Bawang putih adalah antikoagulan dan bisa membantu dalam melindungi dari bekuan darah yang bisa menyebabkan stroke. Jika Anda mengonsumsi aspirin untuk menjaga darah agar tidak membentuk bekuan darah, bawang putih bisa menjadi alternatif yang lebih menyenangkan dan alami.

Mencampur aspirin atau obat pengencer darah lainnya dengan bawang putih bisa berbahaya dalam kondisi tertentu. Selalu berkonsultasi dengan dokter umum Anda sebelum mengkonsumsi suplemen bawang putih bersamaan dengan obat untuk penipisan darah.

Baca Juga : Obat Maag Akut Dan Kronis

Manfaat Bawang Lanang (Putih Tunggal) Untuk Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *