By   March 14, 2018

Manfaat Daun Kelor Untuk Jantung

Manfaat Daun Kelor Untuk Jantung – Dunia tidak selebar daun kelor. Ungkapan yang sering kita dengar di berbagai media. Karena ungkapan yang membuat kelor naik dalam popularitas. Kelor atau yang juga dikenal sebagai merunggai adalah suku bunga berbunga dengan kelopak batang tinggi 7 sampai 11 meter.

Dalam satu tangkai, daunnya majemuk dengan bentuk badak kelor bulat menjadi telur berukuran kecil. Bunga putih kelor itu sedikit berwarna hijau kekuningan dengan bunga. Sedangkan buahnya memiliki bentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang. Daun kelor yang baik juga tidak bisa kelentang untuk sayuran.

Daun kelor memiliki nama yang berbeda di masing-masing daerah. Di Jawa, tanaman ini disebut limaran, di Inggris disebut pohon minyak ben atau pohon pari, dalam bahasa Melayu disebut panas, di Viet Nam disebut chum ngay, di Thailand disebut marum, sedangkan di Filipina disebut malunggay.

Manfaat Daun Kelor
Di balik popularitasnya, daun kelor memiliki manfaat yang mungkin belum diketahui banyak orang. Daun kelor mengandung manfaat sebagus kebanyakan tanaman apotik hidup lainnya. Daun kelor disimpan dalam senyawa yang bisa berfungsi sebagai nutrisi tubuh.
Misalnya, teh yang dibuat dari daun kelor memiliki kandungan polifenol yang tinggi sebagai antioksidan yang bermanfaat. Seperti kita ketahui, antioksidan sangat baik bagi tubuh sebagai zat untuk mendetoksifikasi tubuh manusia bahkan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Mengkonsumsi teh berbahan daun kelor juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit jika dikonsumsi secara teratur.

Manfaat Daun Kelor Untuk Jantung

Sebuah penelitian kecil dari khasiat daun kelor yang kaya akan kandungan atenolol  di dalamnya mampu menurun kan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi paktor utama penumpukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan trblokirnya aliran darah di pembulih darah.

Kelor dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi karena kelor mengandung kalsium, fosfor, mineral dan vitamin yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lain. Berdasarkan hasil penelitian ekstrak daun kelor dapat menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi sel tumor pada tubuh, serta dapat mengatasi robekan pada ding ding pembuluh darah yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Cara Meraciknya :  Cara Pengolahan secara Umum

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengolah daun kelor untuk mengobati penyakit jantung, yaitu:

  • Cuci daun kelor dengan baik tanpa menggunakan bahan pencuci apapun, agar khasiat daun kelor tetap terjaga
  • Gunakan wadah berbahan tanah liat atau kaca tahan panas, untuk meminimalisir reaksi kimia yang mungkin terjadi saat perebusan.
  • Jangan merebus terlalu lama, karena ini akan berakibat rusaknya beberapa vitamin dan enzim yang terkandung bahan-bahan ramuan ini

Manfaat Daun Kelor Untuk Jantung

Info lengkap klik di : Obat Maag Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *