By   April 24, 2018

Manfaat Jeruk Untuk Menurunkan Kolesterol – Para ilmuwan AS menggemukkan hamster dengan diet tinggi kolesterol, dan kemudian memberi mereka makan senyawa yang ditemukan dalam jeruk keprok dan kulit jeruk.

Mereka menemukan senyawa tersebut secara signficantly menurunkan kadar kolesterol LDL hewan – yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Studi ini dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Kami percaya bahwa super-flavonoid memiliki potensi untuk menyaingi atau bahkan mengalahkan efek penurun kolesterol dari beberapa obat yang diresepkan.
Dr Elzbieta Kurowska
Senyawa-senyawa, yang dikenal sebagai flavon polymethoxylated (PMFs), adalah antioksidan yang termasuk kelompok bahan kimia tanaman yang disebut flavonoid. Flavonoid ada dalam berbagai buah dan sayuran, serta teh dan anggur merah.

Penelitian Jeruk Untuk Menurunkan Kolesterol Di Tubuh

Sebuah studi percontohan menunjukkan bahwa manusia memperoleh manfaat yang sama dari senyawa kulit, dan para peneliti sedang menguji apakah suplemen dengan menggabungkan PMF dengan bentuk vitamin E dapat menurunkan kadar kolesterol.

Peneliti utama Dr Elzbieta Kurowska, dari perusahaan Kanada KGK Sinergis, mengatakan jus jeruk hanya mengandung sejumlah kecil PMF yang relevan karena senyawa tersebut tidak larut dalam air. Peel, di sisi lain, mengandung 20 kali level.

Selain itu, senyawa yang berasal dari kulit lebih terkonsentrasi dan mudah diserap dan dimetabolisme oleh tubuh.

Dalam penelitian ini hamster diberi dua PMFs yang paling umum ditemukan pada buah jeruk – tangeretin dan nobiletin.

Diet yang hanya mengandung 1% PMF sudah cukup untuk memotong kolesterol hewan hingga 40%.

Efek yang kuat

Hamster lainnya diberi diet yang diperkaya dengan dua flavonoid lainnya, hesperetin dan naringenin.

Diet ini juga menurunkan kolesterol LDL – tetapi butuh tiga kali lebih banyak senyawa untuk menghasilkan efek yang sama yang terlihat dengan PMF.

Dr Kurowska mengatakan tampaknya senyawa tersebut dapat bekerja dengan menurunkan sekresi kolesterol dari hati.

Dia mengatakan: “Penelitian kami menunjukkan bahwa super-flavonoid memiliki efek penurun kolesterol yang paling ampuh dari flavonoid jeruk lainnya.

“Kami percaya bahwa super-flavonoid memiliki potensi untuk menyaingi atau bahkan mengalahkan efek penurun kolesterol dari beberapa obat yang diresepkan, tanpa risiko efek samping.”

Departemen Kesehatan mengumumkan awal bulan ini bahwa obat-obatan statin penurun kolesterol – yang sebelumnya hanya tersedia dengan resep – harus tersedia secara bebas di apoteker.

Sarah Schenker, ahli gizi dari British Nutrition Foundation, mengatakan: “Ini bukan kejutan besar bahwa mereka telah menemukan sesuatu pada tanaman yang dapat memiliki efek ini – bagaimanapun, produk penurun kolesterol seperti Benecol mengandung ekstrak kulit kayu.

“Tapi apakah mereka berguna akan tergantung pada seberapa kuat efeknya. Statin adalah obat yang sangat kuat.”

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa jus jeruk dapat mengurangi risiko kanker.

Judy O’Sullivan, perawat jantung di British Heart Foundation, mengatakan: “Kami akan tertarik untuk melihat apakah hasil serupa muncul dari studi jangka panjang yang melibatkan orang.

“Penting juga untuk menekankan bahwa apa pun potensi pengurangan kolesterol dari kulit jeruk, saran kami tetap sama: aktivitas fisik secara teratur dan makan diet tinggi buah dan sayuran dan rendah lemak jenuh adalah cara terbaik untuk menghindari kolesterol tinggi.

Baca Juga : Obat Kolesterol Terbaik

Penelitian Jeruk Untuk Menurunkan Kolesterol Di Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *