By   October 16, 2017

Apa itu kumis kucing?

Kumis Kucing dikenal secara botani sebagai aristatus Orthosiphon dan itu milik keluarga mint . Ramuan ini populer disebut Balbas Pusa. Nama umum lainnya dari ramuan ini adalah sebagai berikut – tanaman ginjal, teh ginjal India, teh Jawa, Kabling-parang, Mao xu cao, pokok misai kucing dan Yaa-nuat-maeo.

Sebagai tanaman, Kumis Kucing adalah semak tegak dengan daun berwarna hijau yang terlihat pada pasangan jauh, tangkai coklat kemerahan dan pagoda berbentuk bunga berwarna putih (dan kadang ungu) dengan benang sari yang terlihat seperti kumis kucing. Untuk tumbuh, ramuan ini membutuhkan lokasi yang baik dan bahkan bisa bertahan dalam kekeringan.

Bagaimana cara kerjanya?

Ramuan ini mengandung berikut – beta sitosterol, asam folat, hedargenin, asam glikolat, methylripariochromene A, bio flavonoid, asam oleanolic dan potasium. Tindakan pengobatan berikut dapat dilihat saat menggunakan ramuan – anti oksidan, antiinflamasi, diuretik, antispasmodik, anti mikroba dan anti jamur.

Kumis kucing dapat juga digunakan sebagai obat maag/asam lambung dengan mengolah daun dan batang dengan pertama-tama dicuci, kemudian direbus hingga menjadi 1 gelas, lalu diminum. Selain pengobatan herbal asam lambung, kumis kucing juga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai obat herbal dalam penyakit diabetes dan melancarkan air seni.

Inilah manfaat tanaman Kumis Kucing sebagai obat, yaitu:

  1. Memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik)
  2. Rematik
  3. Batuk
  4. Encok
  5. Masuk Angin
  6. Sembelit
  7. Sakit Pinggang
  8. Radang ginjal
  9. Batu ginjal
  10. Kencing manis
  11. Albuminuria
  12. Syphilis
  13. Hipertensi

Baca Juga : Obat Maag Akut Dan Kronis

Manfaat Kumis Kucing Untuk Maag Akut Dan Kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *