By   September 19, 2017

Peningkatan zat mirip hormon yang terkait dengan peradangan dan kerusakan yang bisa diatasi dengan ekstrak polifenol apel. Seperti lapor para peneliti di British Journal of Nutrition berikut ini :

Manfaat Apel Untuk Penyakit Maag – Jika hasilnya dapat diulang pada manusia, ini menunjukkan peran menguntungkan potensial untuk polifenol apel di pasar yang berkembang untuk suplemen dan makanan fungsional yang terkait dengan kesehatan gastrointestinal yang lebih baik.

Sakit perut atau bisul peptik (penyakit maag) adalah lubang kecil atau erosi di saluran cerna. Menurut statistik dari US National Digestive Diseases Information Clearinghouse, tukak lambung mempengaruhi 14,5 juta orang Amerika.

Periset dari Universita Federico II, Napoli dan Seconda Universita di Napoli menyelidiki apakah ekstrak polifenol apel (APE) dapat mengurangi luka akibat aspirin pada lapisan perut (mukosa lambung) pada tikus.

Hewan diberi dosis polifenol apel (0,0004 mol setara katekin) sebelum dosis oral aspirin (200 mg / kg). Penelitian utama Giuseppe D’Argenio dan rekan kerja melaporkan bahwa kedua luka makroskopis dan mikroskopis pada perut hewan menurun saat polifenol apel dikonsumsi sebelum dosis aspirin oral.

obat maag

Memang, lesi berkurang sekitar 50 persen, kata mereka. Tingkat zat mirip hormon yang terkait dengan peradangan dan kerusakan seperti siklooksigenase-2 (COX-2), mengubah faktor pertumbuhan-alpha (TGF-alpha) dan faktor pertumbuhan seperti epidermal-growth-factor-like growth (HB- EGF) mRNA dianalisis oleh para peneliti.

Selektif menghambat enzim COX-2 menghalangi pembentukan zat mirip hormon yang disebut prostaglandin yang menyebabkan reaksi rasa sakit dan peradangan.

D’Argenio dan rekan kerja mengamati bahwa aspirin menyebabkan peningkatan COX-2 dan HB-EGF, namun bukan pada TGF-alpha, dan kenaikan ini dikurangi dengan polifenol apel. Selain itu, ekstrak polifenol berlawanan dengan peningkatan malondialdehida (MDA) yang diamati setelah konsumsi aspirin. MDA adalah senyawa karbonil reaktif dan penanda stabil oksidatif. Kesimpulannya, APE mengurangi cedera lambung akibat aspirin secara independen dari penghambatan asam, “ tulis para peneliti. “Kami menduga bahwa APE mungkin menggunakan terapeutik dalam profilaksis gastropati terkait aspirin,” mereka menyimpulkan. Polifenol menerima penelitian ekstensif karena aktivitas antioksidannya yang manjur, kemampuan mereka untuk memperbaiki radikal bebas yang berbahaya, dan manfaat kesehatan yang terkait.

Banyak juga yang terlibat dalam kemungkinan perlindungan terhadap penyakit seperti kanker dan penyakit kardiovaskular, sementara beberapa telah dilaporkan berpotensi memberikan perlindungan dari Alzheimer.

Sumber: British Journal of Nutrition Diterbitkan secara online sebelum dicetak, doi: 10.1017 / S0007114508988747 “Ekstrak polifenol Apple mencegah kerusakan akibat aspirin pada mukosa lambung tikus” Penulis: G. D’Argenio, G. Mazzone, C. Tuccillo, I. Grandone, AG Gravina, G. Graziani, V. Fogliano, M. Romano.

Baca Juga : Obat Maag Akut Dan Kronis Terbaik | Obat Kolesterol

Manfaat Apel Untuk Penyakit Maag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *